TES OBJEKTIF BENTUK PILIHAN GANDA (Multiple Choice Item Test)


Pengertian
    Beberapa definisi tentang Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda (Multiple Choice Test) antara lain, merupakan tes objektif dimana masing-masing item disediakan lebih dari dua kemungkinan jawaban, dan hanya satu dari pilihan-pilihan tersebut yang benar. (Noeng Muhajir, 1981:81)
     Multiple Choice Test merupakan salah satu bentuk tes objektif yang terdiri atas pertanyaan atau pernyataan yang sifatnya belum selesai, dan untuk menyelesaikannya harus dipilih salah satu atau lebih dari beberapa kemungkinan jawab yang telah disediakan pada tiap-tiap butir soal yang bersangkutan.
    Multiple Choice Test terdiri atas suatu keterangan atau penberitahuan tentang suatu pengertian yang belum lengkap, dan untuk melengkapinya harus memilih satu dari beberapa kemungkinan jawaban yang telah disediakan.
    Tes jenis ini pada pokoknya menghadapkan kepada siswa sejumlah alternatif jawaban, umumnya antara 3 sampai 5 alternatif untuk setiap soal dan tugas siswa adalah memilih salah satu di antara alternative tersebut berdasarkan sesuatu dasar pertimbangan tertentu (kadang-kadang sebagai variasi, tidak ditentukan harus memilih satu, tetapi dimana perlu harus memilih lebih dari satu yang dipilih, tentu saja variasi ini lebih sukar daripada variasi pilihan tunggal).
    Pada jenis tes pilihan ganda ini bentuk soal terdiri dari beberapa bagian pokok antara lain:
a.    Stem ini biasa berbentuk pertanyaan, perintah maupun kalimat tidak sempurna.
b.     Options adalah alternative-alternatif jawaban yang menyertainya atau jika diterjemahkan secara langsung berarti pilihan-pilihan. Options terbagi menjadi dua:
1)    Key atau kunci, adalah alternative jawaban yang benar.
2)    Distractors atau pengganggu/pengecoh, adalah alternative-alternatif lainnya yang bertujuan mempersulit proses pencapaian jawaban yang benar.
 
 
 
Sudiyono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1996.
Thoha, M. Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali. 1991.


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2009 LinguaSphere | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan