Otomatisasi dan Otomasi

Kita tahu bahwa banyak sekali kata-kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, baik kata automatic yang berasal dari bahasa Inggris dan kata otomatis yang diserap dalam bahasa Indonesia. Didalam percakapan ataupun sebuah karya tulis, kesalahan ejakan dan pembakuan kata sangatlah berpengaruh. Karena kata mempunyai banyak sekali perubahan dalam segi pembakuan dan ejakan.


Dalam dua kata ini otomatisasi dan otomasi mempunyai usur baku dan tidak baku. Kata otomatisasi merupakan kata baku dan kata otomasi seharusnya menjadi automasi yang sudah dibakukan mempunyai arti ‘mengotomatiskan’ (kata kerja). Pengertian kata otomatisasi menurut kamus digital KBBI adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yg secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia (dl industri dsb). Artinya dalam perkembangan teknologi industri tidak membutuhkan tenaga manusia yang banyak, lebih ke arah perkembangan kemajuan teknologi. 

Kata otomasi atau automatis itu merupakan ‘pengotomatiskan’ lebih ke perlakuan atau perbuatan untuk melakukan hal yang lebih baik. Dalam kamus bahasa Indonesia bisa kita lihat ada banyak kata yang baku dan menggunakan auto. Autentik, autoaktivitas, autobiografi, autodidak, autograf, autografi, autokrasi, autokrat, autokritik, automasi, dan autopsi. Sedangkan yang meggunakan oto-oto: otobus, otomat, otomatis, otomatisasi, otomobil, otomotif, otonom, otonomi, otopet, otoritatif, otorisasi, otorisator, otoritas, dan otoriter. 

 By: M. Ari Aditriono

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2009 LinguaSphere | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan