Penggunaan Kronologi dan Kronologis


            Masyarakat sering salah kaprah dalam menggunakan istilah kronologis. Seperti pada salah satu contoh kalimat berita yang ada dalam artikel dalam kolom bahasa di Majalah Tempo edisi 25 Mei 2008,

1)      Berikut ini adalah kronologis pembunuhan keji itu.

2)      Kronologis pembunuhan Munir terungkap.
Istilah kronologis sudah umum digunakan dan diterima oleh masyarakat. Namun, dalam Bahasa Indonesia juga dikenal istilah kronologi untuk menyebutkan urutan terjadinya sebuah kejadian. Lalu timbul pertanyaan, Apa beda kronologi dan kronologis? Apakah keduanya merupakan sinonim dan bermakna sama?.
Kata kronologis dan kronologi adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu “chronology”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:743) kata kronologi dan kronologis memiliki fungsi yang berbeda dalam penggunaannya. Kronologi dalam KBBI (2008:743) berfungsi sebagai kata benda (noun) dan berarti (1) ilmu tentang pengukuran kesatuan waktu (seperti dalam astronomi dan geologi); (2) urutan waktu dari sejumlah kejadian atau peristiwa. Sedangkan kronologis berfungsi sebagai kata sifat (adjective) memiliki makna berkenaan dengan kronologi; menurut urutan waktu (dalam penyusunan sejumlah kejadian atau peristiwa).
Kata kronologi yang berfungsi sebagai kata benda mendapat imbuhan –is berubah menjadi kata sifat yaitu kronologis. Maka dua contoh kalimat diatas yang benar adalah (1) Berikut ini adalah kronologi pembunuhan keji itu, lalu contoh yang kedua adalah (2) Kronologi pembunuhan Munir terungkap. Kedua kalimat diatas membutuhkan kata benda sehingga penggunaan yang tepat adalah kronologi bukan kronologis.


Ahza Lina Haririn (08320056)
UIN Maliki Malang


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
© 2009 LinguaSphere | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan