Kamis, 31 Januari 2013

Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan

Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan - Dalam arti sempit, fungsi pendidikan adalah membantu perkembangan jasmani dan rohani peserta didik secara sadar. Dalam arti yang lebih luas, pendidikan berfungsi sebagai alat pengembangan pribadi, pengembangan warga negara, pengembangan kebudayaan, dan pengembangan bangsa. 

Lembaga pendidikan ada tiga macam, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga lembaga ini mempunyai fungsi dan perannya masing masing. Beberapa fungsi keluarga antara lain sebagai berikut: 
1. Menjadi pengalaman pertama bagi masa kanak kanak
2. Pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang
3. Keluarga memberikan pendidikan moral untuk membentuk manusia yang asusila.
4. Keluarga dapat menumbuhkan sikap saling menolong, tenggang rasa sehingga tumbuh keluarga yang damai dan sejahtera.
5. Keluarga menjadi tempat peletakkan dasar dasar nilai agama.

Sekolah adalah lingkungan kedua bagi anak. Di sekolah ia mendapatkan pendidikan yang intensif. Sekolah merupakan tumpuhan dan harapan orang tua, masyarakat, dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Cara belajar mengajar yang kurang baik, bahan bacaan yang kurang, penyelenggaraan pendidikan yang kurang baik dan lingkungan yang tidak menunjang kesemuanya akan menjadi pengahmabat peran sekolah dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Selain itu, masyarakat juga mamberikan pendidikan dengan membekali penalaran, ketrampilan dan sikap makarya serta mengoptimalkan perkembangan diri. Partisipasi masyarakat dalam pendidikan mebantu pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan yang diharapkan.  

Demikianlah informasi tentang Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan . Sekian dan tinkyu. 

Tidak ada komentar: