Selasa, 29 Januari 2013

Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan



Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan | Linguasphere - Halo, sobat. Informasi terbaru kali ini membahas tentang Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan yang menjadi salah satu materi dalam pengantar pendidikan atau dasar pendidikan. Dalam pengertian yang sederhana, pendidikan bermakna sebagai usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi potensi pembawaan baik jasmani dan rohani sesuai dengan nilai nilai yang ada dalam masyarakat dan kebudayaan. 
Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak. Tanpa pendidikan, mustahil bagi suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi untuk maju dan sejahtera.

a. Pendidikan mengandung tujuan yang ingin dicapai, yaitu individu yang kemampuan –kemampuan dirinya berkembang  sehingga bermanfaat untuk kepentingan hidupnya sebagai invidu dan masyarakat
b. pendidikan perlu melakukan usaha usaha yang disengaja dan berencana dalam memilih isi, strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai.
c. Kegiatan tersebut dapat diberikan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Lebih lanjut, faktor faktor pendidikan ada enam hal. Antara lain:
1. Faktor Tujuan
Pada bagian ini, faktor tujuan terbagi lagi ke dalam beberapa cabang, yaitu tujuan umum, tujuan tak lengkap, tujuan sementara, tujuan perantara, dan tujuan insidental.
2. faktor Pendidik
Ada dua kategori dalam faktor ini, yaitu: a) pendidik menurut kodrat, seperti orang tua; b) pendidik menurut jabatan, contohnya guru. Hubungan orang tua dengan anak sebagai pendidik mencakup dua hal, yaitu unsur kasih sayang pendidik kepada anak, dan kesadaran dan tanggung jawab untuk perkembangan anak. Di sisi lain, hubungan guru kepada peserta didik diharapkan mampu memberikan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik.
3. Faktor Peserta Didik
Seiring dengan kemajuan tekonologi, peserta didik dalam usia dan tingkat kelas yang sama diharapkan bisa memiliki profil materi pengetahuan
4. Faktor isi
Yang termasuk dalam materi pendidikan adalah segala hal yang diberikan langsung oleh pendidik kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
5. Faktor Metode Pendidikan
Metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan. Pemilihan metode yang tepat adalah suatu hal yang penting agar interaksi dapat berlangsung secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
6. Faktor Situasi Lingkungan
Situasi lingkungan mempengaruhi proses dan hasil pendidikan. Situasi lingkungan meliputi lingkungan fisis, lingkungan teknis, dan lingkungan sosio kultural.

Demikianlah informasi tentang Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan. Sekian dan terima kasih. 

Tidak ada komentar: