Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan | Linguasphere - Halo, sobat. Informasi terbaru kali ini membahas tentang Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan yang menjadi salah satu materi dalam pengantar pendidikan atau dasar pendidikan. Dalam pengertian yang sederhana, pendidikan bermakna
sebagai usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi potensi pembawaan
baik jasmani dan rohani sesuai dengan nilai nilai yang ada dalam masyarakat dan
kebudayaan.
Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan
kebutuhan mutlak. Tanpa pendidikan, mustahil bagi suatu kelompok manusia dapat
hidup berkembang sejalan dengan aspirasi untuk maju dan sejahtera.
a. Pendidikan mengandung tujuan yang ingin dicapai, yaitu
individu yang kemampuan –kemampuan dirinya berkembang sehingga bermanfaat untuk kepentingan
hidupnya sebagai invidu dan masyarakat
b. pendidikan perlu melakukan usaha usaha yang disengaja dan berencana dalam memilih isi, strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai.
c. Kegiatan tersebut dapat diberikan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, pendidikan formal dan pendidikan non formal.
b. pendidikan perlu melakukan usaha usaha yang disengaja dan berencana dalam memilih isi, strategi kegiatan, dan teknik penilaian yang sesuai.
c. Kegiatan tersebut dapat diberikan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Lebih lanjut, faktor faktor pendidikan ada enam hal.
Antara lain:
1. Faktor Tujuan
Pada bagian ini, faktor tujuan terbagi lagi ke dalam
beberapa cabang, yaitu tujuan umum, tujuan tak lengkap, tujuan sementara,
tujuan perantara, dan tujuan insidental.
2. faktor Pendidik
Ada dua kategori dalam faktor ini, yaitu: a) pendidik
menurut kodrat, seperti orang tua; b) pendidik menurut jabatan, contohnya guru.
Hubungan orang tua dengan anak sebagai pendidik mencakup dua hal, yaitu unsur
kasih sayang pendidik kepada anak, dan kesadaran dan tanggung jawab untuk
perkembangan anak. Di sisi lain, hubungan guru kepada peserta didik diharapkan
mampu memberikan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan perkembangan peserta
didik.
3. Faktor Peserta Didik
Seiring dengan kemajuan tekonologi, peserta didik dalam
usia dan tingkat kelas yang sama diharapkan bisa memiliki profil materi
pengetahuan
4. Faktor isi
Yang termasuk dalam materi pendidikan adalah segala hal
yang diberikan langsung oleh pendidik kepada peserta didik dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan.
5. Faktor Metode Pendidikan
Metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat
untuk mencapai tujuan. Pemilihan metode yang tepat adalah suatu hal yang
penting agar interaksi dapat berlangsung secara efektif dan efisien dalam
mencapai tujuan.
6. Faktor Situasi Lingkungan
Situasi lingkungan mempengaruhi proses dan hasil
pendidikan. Situasi lingkungan meliputi lingkungan fisis, lingkungan teknis,
dan lingkungan sosio kultural.
Demikianlah informasi tentang Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan. Sekian dan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar