Senin, 16 Juli 2012

STABIL, STABILITAS DAN KESTABILAN

Stabilitas dan kestabilan seperti mempunyai makna yang sama. Lantas, mana yang seharusnya dipakai?
Kedua kata tersebut, stabil dan stabilitas, berasal dari kata yang sama yaitu stabil. Stabil berarti mantap, kukuh, tidak goyah, tetap, tenang, tak berubah-ubah.

Stabil merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris yaitu stable. Kata stable ini diserap ke dalam bahasa Indonesia setelah melalui proses penyesuaian ejaan sufiks asing -le pada kata stable ini disesuaikan menjadi –il dalam bahasa Indonesia sehingga berubah menjadi stabil.

Stabilitas berasal dari bahasa Inggris yaitu stability yang berarti kemantapan, kestabilan, keseimbangan. Kata stabilitas diserap ke dalam bahasa Indonesia setelah melewati proses penyesuaian ejaan sufiks. Sufiks asing –ty diubah menjadi –tas dalam bahasa Indonesia, misalnya, stability menjadi stabilitas, university menjadi universitas.
Lalu bagaimana dengan kestabilan? Pada dasarnya imbuhan ke-an dalam bahasa Indonesia berfungsi untuk membentuk kata benda. Misalnya, kata bersih yang merupakan sebuah kata sifat berubah menjadi kata benda yaitu kebersihan setelah mendapat imbuhan ke-an. Namun, dalam hal ini, kata stabil yang merupakan kata dasar dari kestabilan itu sendiri adalah kata serapan dari bahasa asing. Dari bahasa asalnya, bahasa inggris, kata stable sudah mempunyai pembentukan kata benda sendiri yaitu stability. Oleh karena itu, penggunaan kata stabilitas lebih diutamakan daripada kestabilan.


Dini Lia Fariha

Tidak ada komentar: