Senin, 16 Juli 2012

Profesionalisasi dan Profesionalitas

Perkembangan Kamus Besar Bahasa Indonesia selalu mendapatkan tambahan entri setiap edisinya. Dalam KBBI Pusat Indonesia edisi keempat, kita akan menemui kata profesi beserta turunannya yaitu kata profesi, professional, profesionalisme dan profesionalitas.
Bahasa bersifat mudah berubah-ubah pada setiap perkembangan zaman. Hal ini sangat berhubungan erat dengan penggunaan bahasa pada setiap manusia yang ada di dunia, termasuk penggunaan pada kata serapan professional yang berasal dari kata bahasa Inggris menjadi profesional dalam bahasa Indonesia.namun sering sekali masyarakat Indonesia menggunakan kata profesionalisasi, dimana kata tersebut tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia.

Contoh penggunaan kata profesionalisasi saya dengar ketika sedang melakukan transaksi transfer uang di bank BRI oleh nasabah yang sedang berbicara pada hari senin tanggal 06/02/2012 pukul 10.30 “saat ini profesionalisasi pada setiap individu sangat dibutuhkan” penggunaan kata profesionalisasi dalam kalimat di atas tidak tepat karena dalam KBBI jelas tidak ada kata tersebut. Seharusnya dalam kalimat di atas menggunakan kata profesionalitas.


Fita Fitriyah
Sumber: Kompas, 13 Februari 2009

Tidak ada komentar: