Jumat, 16 November 2012

Steril, Sterilisasi dan Sterilitas

Berbagai istilah yang berasal dari kata resepan bahasa asing tanpa kita sadari digunakan sehari-hari. Kata steril sering kita dengar di kehidupan sehari-hari dalam hal makanan dan obat-obatan. Orang banyak mengetahui makna dari kata steril. Akan tetapi banyak yang tidak tahu turunan kata dari kata steril yaitu sterilisasi dan sterilitas. 
Kata steril dalam kamus elekrik bahasa Indonesia KBBI berarti bersih dari kuman atau mikroorganisme lain dalam bidang kimia. Sedangkan dalam biologi steril mempunyai arti tidak subur; mandul; tidak dapat berkembang biak. Berdasarkan keterangan tersebut kita tahu penggunaan dari kata steril yang berbeda arti dalam bidang tertentu. Kita selalu makan dengan benda yang steril terutama dalam hal obat-obatan karena banyak orang berpendapat bahwa dengan makanan yang steril dapat menjaga kesehatan. Kata ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa daerah tersebut telah terhindar dari penyakit. 

Sterilisasi adalah kata benda yang berarti bentuk perlakuan untuk menjadikan suatu bahan atau benda bebas dari mikroorganisme dengan cara pemanasan, penyinaran, atau dengan zat kimia untuk mematikan mikroorganisme hidu maupun sporanya. Dalam bidang biologi diartikan sebagai perlakuan meniadakan kesanggupan berkembang biak pada hewan atau manusia dengan menghilangkan alat kelamin atau menghambat fungsinya. 
Sterilitas dalam bidang biologi menurut KBBI menerangkan bahwa tidak ada kemampuan dalam proses perkembangbiakan secara kawin.

Tidak ada komentar: