Jumat, 16 November 2012

Olimpiade atau Olimpis?


Oleh Khoirun Nisa’
UIN MALIKI MALANG

Di dalam Kompas, Jumat , 5 Maret 2010 oleh Andre Moller yang berjudul “Pemainan Olimpis”. Menjelaskan sedikit tetang permainan yang diselenggarakan di Indonesia da permainan tersebut sebagian besar disebut dengan Olimpiade.
Namun kata  Olimpiade bukan berasal dari bahasa Indonesia. Kata olimpiade menurut mitologi Yunani kuno, Zeus dengan anakanya, Herakles adalah adalah pendiri permainan Olimpis, dari sinilah kata Olimpiade muncul dan sering digunakan oleh masyarakat luas termasuk sampai di Indonesia. Salahnya kata Olimpiade dalama KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)  kata olimpiade belum dibakukan penggunaanya.

Kata Olimpiade (kata Benda) dipakai untuk menyebutkan sebuah masa yang lamanya empat tahun, bukan sebuah perhelatan atau kegiatan.  Jadi kata Olimpiade kurang tepat di gunakan dalam bahasa Indonesia. Olimpiade bisa diartikan sebagai permainan atau perhelatan antara dua hal yang berbeda. Kita bisa juga menggunakan kata “Permainan Olimpis” istilah ini berpadanan dengan istilah bahsa inggris “Olympic Games” namun sudah di gunakan dalam bahsa Indonesia menjadi “Permainan Oloimpis” .

Tidak ada komentar: