Senin, 16 Mei 2011

Prinsip-Prinsip dan Karateristik Penilaian Portofolio


Dalam proses pelaksanaan penilaian portofolio prinsip-prinsipnya terbagi menjadi delapan macam yaitu sebagai berikut:
1.    Saling Percaya
Penilaian portofolio adalah penilaian yang melibatkan siswa secara aktif sebagai pihak yang dievaluasi, oleh karena itu antara guru sebagai evaluator dan siswa sebagai pihak yang dievaluasi harus saling percaya. Karena ini sebagai 
Umpan balik bagi dirinya sendiri untuk meningkatkan kemapuan dan rasa percaya dirinya.
2.    Keterbukaan
     Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan secara terbuka, dalam artian guru sebagai evaluator bukan hanya berperan sebagai orang yang memberikan nilai atau kritik, tetapi siswa yang memperoleh kritikan juga harus tahu mengapa kritikan itu muncul.
3.    Kerahasiaan
Kerahasiaan sebuah dokumen setiap siswa harus terjaga, dengan tujuan menjaga kepercayaan masing-masing siswa. Setiap komentar guru yang diberikan terhadap siswa harus langsung kepada yang bersangkutan. Hal ini untuk menjaga perasaan siswa agar siswa tidak memiliki kesan direndahkan dan dipermalukan di depan teman-temannya. Lebih-lebih komentarnya tentang kemampuannya dan pribadinya.
4.    Milik bersama
Antara guru dan peserta didik harus merasa bahwa evidence portofolio adalah milik bersama, oleh karena itu semua pihak harus saling menjaganya secara baik.

5.    Kepuasan dan kesesuaian
Hasil akhir dari penilaian portofolio adalah ketercapaian kompetensi sebagaimana yang dirumuskan dalam sebuah kurikulum. Ketercapaian itu dapat dilihat dari evidence yang diorganisasikan oleh guru dan siswa.guru dan siswa akan merasa puas manakala kompetensi telah tercapai. Oleh sebab itu terkumpulnya evidence merupakan kepuasan baik bagi guru maupun bagi siswa.


Tidak ada komentar: