Senin, 16 Mei 2011

Pengertian Penilaian Portofolio

Portofolio berasal dari bahasa inggris yang mengandung arti dokumen atau surat-surat,dapat pula diartikan kumpulan kertas-kertas berharga dari suatu pekerjaan tertentu. Definsi portofolio adalah suatu kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan.Dr.Wina Sanjaya juga berpedapat dalam bukunya yang berjudul “pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi” bahwa portofolio adalah tehnik melakukan monitoring terhadap hasil kerja dan pengalaman siswa  dimana didalamnya berisi kumpulan karya siswa yang telah disusun secara sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaran yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Portofolio  juga merupakan salah satu bentuk alternatif instrumen evaluasi hasil belajar yang dapat digunakan oleh seorang guru untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengkonstruksi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari dan instrumen ini sangat dibutuhkan.Diatas telah dipaparkan bahwa portofolio didalamnya berisi kumpulan hasil karya siswa, hasil karya tersebut diberi nama evidence. hasil karya bisa dikerjakan di dalam kelas (artifact) maupun diluar kelas (reproduction).Penilaian portofolio juga digunakan untuk mengetahui aspek-aspek dari hasil karya siswa yang masih perlu untuk diperbaiki dan dikembangkan, penilaian portofolio ini dapat menggunakan pendekatan holistik dan analisis. Beberapa hal yang juga harus diperhatikan dalam penilaian portofolio oleh seorang pendidik

Menurut Djemari Mardapi dkk, (2001) menyebutkan bahwa penilaian portofolio harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut yaitu:
v    Karya yang dikumpulkan adalah harus hasil karya yang bersangkutan.
v    Menentukan contoh pekerjaan yang harus dikerjakan.
v    Mengumpulkan dan menyimpan sampel karya.
v    Menentukan kriteria untuk penilaian portofolio.
v    Meminta peserta didik untuk menilai secara terus menerus hasil portofolionya.
v    Merencanakan pertemuan dengan peserta didik yang dinilai.
v    Melibatkan orang tua dan masyarakat dalam menilai portofolio.

Menurut Sumarna (2006:39) bahan-bahan yang dipergunakan sebagai portofolio disekolah adalah sebagai berikut:
1.    Penghargaan tertulis
2.    Penghargaan lisan
3.    Hasil kerja biasa dan hasil pelaksanaan tugas-tugas oleh peserta didik dalam kurun waktu yang telah tertentu
4.    Daftar ringkasan hasil pekerjaan,berupa buku catatan peserta didik
5.    Catatan sebagai peserta dalam suatu kerja kelompok
6.    Contoh terbaik hasil pekerjaan, menurut pendapat guru dan peserta didik
7.    Catatan dari pihak lain yang relevan, antara lain dari teman-teman atau orang lain
8.    Hasil rekapitulasi daftar kehadiran
9.    Hasil ulangan harian atau semester
10.    Prosentase dari tugas-tugas yang selesai dikerjakan
11.    Catatan pribadi
12.    Daftar kehadiran
13.    Persentase tugas yang telah selesai dikerjakan
14.    Catatan tentang peringatan yang diberikan guru manakala peserta didik melakukan pelanggaran
15.     Audio visual
16.    Video
17.    Disket

Drs. H. Martinis Yamin. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan,(Jakarta: Gaung Persada Press).205
Benny A.Pribadi. Model Desain Sistem pembelajaran,(Jakarta: Dian Rakyat).175
Dr. Wina Sanjaya. pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi,(Jakarta: Kencana).196

Tidak ada komentar: