Contoh RPP Berkarakter |
Contoh RPP Bahasa Inggris SMP Berkarakter - Salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapakan oleh seorang guru adalah RPP alias Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana yang menjelaskan bagaimana proses
pembelajaran akan berlangsung dan dapat berjalan dengan baik sehingga
kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa bisa tercapai.
Di dalam RPP, ada beberapa
komponen, yaitu Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, TUjuan
Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Sumber belajar, model pembelajaran,
alokasi waktu, dan lain-lain. Beberapa tahun belakangan, ada satu lagi komponen
yang ditambahkan dalam RPP, yaitu indicator berkarakter sesuai dengan jenis RPP
sekarang yang terbaru adalah RPP berkarakter. Nah untuk lebih lengkapnya,
silahkan melihat langsung contoh dari RPP berkarakter khusus SMP di bawah ini
1. Nama
Sekolah : SMP Antar Bangsa Surabaya
2. Alamat
Sekolah : Jl. Merdeka 17 Surabaya
3. Jenjang
Sekolah : SMP
4. Kelas/
Semester : VII / 2
5. Kompetensi : Membaca
6. Standar
Kompetensi : 5. Memahami makna
teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
7. Kompetensi
Dasar : 5.2 Merespon makna dan
langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat
sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure.
8. Sub-Kompetensi
Dasar : 5.2.1 Merespon makna dan
langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat
sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
9. Indikator :
1. Menyebutkan jenis teks
2. Menjelaskan bagian identification dari teks
3.
Menjelaskan bagian description
4. Menjelaskan social function teks
10. Bahan
Pelajaran : Teks descriptive
‘My Pet’ (bacaan terlampir)
11. Indikator
Karakter : 1. Gemar membaca
2. Rasa Ingin tahu
3. Kerja Keras
4. Mandiri
5. Tanggung Jawab
12. Strategi
Pembelajaran : 1. Mengingat
2.
Mengorganisasikan
13. Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
14. Tujuan
Pembelajaran : 1. Diberi teks,
siswa dapat menyebutkan jenis teks
2.
Diberi teks descriptive, siswa dapat
menjelaskan bagian identification
dari
teks
3.
Diberi teks descriptive, siswa dapat
menjelaskan bagian description
4.
Diberi teks descriptive, siswa dapat
menjelaskan social function teks
15. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan
Pendahuluan 10’
· Guru
mengecek kehadiran siswa
· Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dipelajari (apa yang diharapkan dapat dilakukan
siswa, bagaimana mempelajarinya, dan apa yang harus dilakukan siswa selama
pembelajaran)
b. Kegiatan
inti 50’:
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
· Membantu
siswa memahami teks
· Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang teks.
|
· Membaca
teks dengan tujuan untuk: mengidentifikasi jenis teks dan menjelaskan isinya
· Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang teks yang diberikan guru
· Mengerjakan
latihan-latihan di dalam buku
|
c. Kegiatan
Penutup 10’
· Menyimpulkan
kegiatan pembelajaran
· Menugasi
membaca teks-teks descriptive lain
16. Asesmen
dan Penilaian:
a. Asesmen
proses informal: guru mengamati kegiatan siswa selama KBM
b. Asesmen
hasil: tes tulis (Ulangan Harian)
17. Sumber
dan Media Pembelajaran: Buku Paket
18. Lampiran:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar