Senin, 05 November 2012

Kapabilitas, Akseptabilitas, dan Loyalitas

Oleh Ikmal Arif Septiawan

            Kata-kata seperti di atas sudah sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu di media cetak, elektronik, ataupun percakapan antar individu seperti halnya dalam percakapan guru dan murid. Ketiga kata tersebut sudah bisa dibilang populer di telinga masyarakat. Tapi tahukah kita asal-usul kata-kata tersebut? Kata asli Indonesia kah atau serapan kah? Adakah perbedaan dalam arti, kedudukan kata, atau bentukannya?
            Kapabilitas, akseptabilitas, dan loyalitas merupakan kata-kata serapan dari kata-kata bahasa Inggris yakni capability, acceptability, dan loyality. Dari sini kita bisa langsung tahu bahwa terdapat perubahan berntuk dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Akhiran -ity dalam bahasa Inggris berubah menjadi -itas dalam bahasa Indonesia. Namun, kedudukan mereka tidak berubah yakni tetap sebagai kata benda.

            Akseptabilitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti hal yang dapat masuk atau hal yang mudah dicapai. Loyalitas berarti kepatuhan atau kesetiaan. Sedangkan kata kapabilitas walaupun sudah umum di telinga kita, kata tersebut belum dibakukan dalam KBBI. Capability sendiri memiliki arti kesanggupan atau kemampuan. Mungkin karena kata kapabilitas masih bisa diganti dengan kemampuan, maka kata kapabilitas sendiri belum dibakukan sampai saat ini.
            Selain ketiga kata tersebut, masih ada beberapa kata lain yang juga mengubah akhiran -ity dari bahasa Inggris ke -itas dalam bahasa Indonesia. Contohnya seperti kata kualitas, universitas, dan mayoritas. Ketiga kata juga merupakan kata-kata serapan dari kata-kata bahasa Inggris. Kualitas berasal dari kata quality, universitas dari kata university, dan mayoritas berasal dari kata majority. Jadi bisa disimpulkan bahwa kata yang berakhiran -ity dalam bahasa Inggris bila diserap ke dalam bahasa Indonesia berubah menjadi akhiran -itas.

Sumber: Kompas, Jumat 1 Mei 2009
Usul untuk SBY (Ulil Abshar-Abdalla)

Tidak ada komentar: