Rabu, 04 Mei 2011

Dinamika kelas

Dinamika kelas ini dipengaruhiberbagai komponen yang sangat disiyaratkan dalam pengelolaan kelas yaitu :
1) Kegiatan administrasi manajemen
a) Perencanaan kelas
Kurikulum sebagai program umum harus diterjemahkan menjadi program-program yang kongkrit dengan mengkaitkannya menurut waktu yang tersedia, yang dapat berbentuk program tahunan, program semester atau caturwulan, program bulanan, program mingguan dan bahkan mungkin pula berupa program harian
b) Pengorganisasian kelas
Program kelas sebagai rencana kerja harus bersifat program kelas sebagai rencana kerja harus bersifat realistis dalam arti benar-benar dapat dilaksanakan dan dengan tujuan yang realistis pula dalam arti benar-benar dapat diwujudkan.
c) Pengarahan kelas
Setelah program dan organisasi disusun, selanjutnya kegiatan dilaksanakan. Pelaksanaan kegiatan itu harus diusahan untuk tidak menyimpang dari rencana atau program yang sudah disesun.
d) Koordinasi kelas
Kordinasi kelas diwujudkan dengan menciptakan kerjasama yang didasari saling pengertian akan tugas dan peranan masing-masing.kordinasi yang efektif memungkinkan setiap personal menyampaikan saran-saran dan pendapat-pendapat dan gagasan-gagasan baik dalam bidang kerjaannya sendiri maupun kerjaan orang lain.

e) Komunikasi kelas
Komunikasi antar personal dikelas dapat berlangsung secara formal didalam rapat atau musyawarah dan diskusi-diskusi dan dapat pula diwujudkan secara informal (hubungan pribadi) dalam setiap kesempatan didalam dan siluar kelas atau sekolah.
f) Kontrol kelas
Dalambentuk kongkrit control dilakuakn terhadap realisasi jadwal pengajaran, disiplin guru dan disiplin murid, pelaksanaan tugas murid, partisipasi tiap personal dalam programkelas dan lain-lain.
2) Penataan ruang dan alat pengajaran
a) Pengaturan ruang belajar
dalam pengaturan ruang belajar, hal-hal berikut perlu diperhatikan :
- Ukuran dan bentuk kelas
- Bentuk serta ukuran bangu dan meja siswa
- Jumlah siswa didalam kelas
- Jumlah siswa didalam setiap kelompok
- Jumlah kelompok didalam kelas
- Komposisi siswa dalam kelompok (seperti : siswa pandai dengan siswa kurang pandai. Pria dengan wanita).
Besarnya runagan kelas tergantung pada jenis kegiatan dan jumlah siswa yang tergantung pada jenis kegiatan dan jumlah siswa yang melakukan kegiatan. Jika ruangan tersebut memepergunakan hiasan, pakailah hiasan-hiasan yang mempunyai nilai pendidikan.
b) Pengaturan tempat duduk
Berdasarkan pengaturan tempat duduk diantaranya :
- Berbasis sejajar
- Pengelompokan yang terdiri atas 8 – 10 orang
- Setengah lingkaran seperti dalam teater
- Berbentuk lingkaran
- Individual yang biasanya terlihat diruang baca atau perpustakaan
- Adanya dan tersedianya ruang yang sifatnya bebas di kelas disamping bangku tempat duduk diatur.
c) Ventilasi dan pengaturan cahaya
Suhu, vebtilasi dan penerangan (kendati guru sulit mengatur karena sudah ada) adalah asset penting untuk terciptanya suasana belajar yang nyaman. Oleh karena itu ventilasi harus cukup menjamin kebebasan siswa.
d) Pengaturan penyimpanan barang

Tidak ada komentar: