Minggu, 24 April 2011

Sejarah NII dan Ideologinya


Akhir-akhir ini, masyarakat kita kembali digemparkan dengan aksi pencucian otak terhadap  mahasiswa. Diduga bahwa gerakan NII berada dibalik kejadian tersebut. Keberadaan gerakan ini kembali menjadi sorotan setelah ditemukan beberapa mahasiswa hilang.
 
Nah, apa sih NII itu? 
Buat kalian yang baru tahu keberadaannya, NII (Negara Islam Indonesia) adalah gerakan politik yang didirikan oleh  Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo pada 7 Agustus 1949 di Desa Cisampah, Kecamatan Ciawiligar, Kawedanan Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Gerakan ini menginginkan Indonesia berideologi Islam. Mereka mengklaim bahwa sejak perang dengan Belanda, indonesia sudah menjadi sebuah negara Teokratis yang berlandaskan hukum Islam sehingga diwajibkan bagi negara untuk merumuskan suatu hukum yang bersumber dari syariat agama Islam.

Dalam perkembangannya, NII ini sebenarnya bersikap anti komunis dan juga anti kapitalis. NII menjamin kebebasan beribadat bagi yang non-muslim, tetapi memutuskan hukukuman mati bagi berbagai tingkat kemurtadan dan kemunduran iman oleh kaum Muslimin.

Adapun menurut peneliti Terorisme Indonesia, Noor Huda Ismail, NII sekarang cenderung ambisius alias menghalalkan cara demi mewujudkan harapan terbentuknya negara islam yang diidam-idamakan. Para perekrut anggota gerakan NII saat ini juga sudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk menutupi pergerakan mereka dari aparat penegakan hukum di Indonesia

Tidak ada komentar: